Selasa, 28 Februari 2012

BUSSINNES PLAN "USAHA PEMBUATAN CUMI DAN KERANG OLAHAN UNTUK KOMODITAS EKSPOR"




HALAMAN DEPAN

  1. DATA USAHA
Nama Unit Usaha : Cumi-cumi dan Kerang Olahan
Nama Perusahaan :  PT. I – MINA JAYA PERSADA
Bidang Usaha : Makanan Kemasan
Alamat Perusahaan : Jl. Cakalang No. 16 . Kolaka, Telp 0401-221177, HP. 085342766729
            E-Mail : I-Minjapergroup@yahoo.com
  1. DATA PEMILIK
Nama : Muhammad Ilham
Jabatan : Direktur Utama
Alamat Rumah : Jl. Abadi No. 18. Kolaka, Telp 0401-2297979, HP. 081255898273
Kode pos : 93511
            Alamat E-Mail : ilhamgreentea@yahoo.co.id
 
       RANGKUMAN EKSEKUTIF
  1. Konsep Bisnis
Cumi-cumi dan kerang olahan merupakan suatu komoditas ekspor yang sangat menguntungkan ini dilihat dari prospek yang telah diperlihatkan oleh orang-orang yang menggeluti pekerjaan ini sebelumnya.  Disamping itu cara pengolahannya sangat sederhana serta bahan yang digunakan mudah didapatkan khususnya di sektor perikanan. 
  1. Misi Perusahaan
·         Menghasilkan produk berkualitas yang dapat dikonsumsi diberbagai belahan dunia dengan citarasa yang terbaik.
·         Mendirikan berbagai cabang diseluruh dunia dengan konsep estetika, saling menghormati dan berkualitas tinggi
  1. Produk/ Jasa
Produk yang kami hasilkan adalah produk makanan kemasan yang bahannya dari cumi-cumi dan kerang yang diperoleh dari para nelayan yang baru melakukan melakukan tangkapannya hari ini. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas kesegaran dari bahan dasar poduk kami. Sehingga kepercayaan terhadap konsumen mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.   
  1. Persaingan
Persaingan yang begitu tinggi mampu bersaing dengan produk-produk lain yang memilki ciata rasa yang tinggi karena menghasilkan suatu produk yang sama yang namun perbedaan dilihat keterampilan yang berbeda yang hasilkan dari setiap perusahaan itu sendiri.
  1. Target dan Ukuran Pasar
Target :
·         Mendistribusikan produk ke berbagai pasar di berbagai dunia
·         Mempertahankan rasa kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dengan melakukan kegiatan bakti social dan aksi lingkungan.
 Ukuran pasar :
·         Produk yang dihasilkan didistribusikan ke pasar intenasional dengan melakukan pengiriman secara ekspres.  
·         Produk yang dihasilkan didistribusikan ke pasar nasional dan lokal dikirim dengan melakukan pengiriman melalui cabang-cabang yang telah ditempatkan diberbagai daerah di Indonesia.
  1. Strategi Pemasaran
·         Harga yang kami tetapkan sangat terjangkau yaitu Rp. 2000 perkemasan dengan potongan 10% setiap penyimpanan ke mall dan supermarket.
·         Promosi kami lakukan dengan menempelkan baliho dan famplet dan mengadakan road show, serta promosi di berbagai perusahaan di dunia.
  1. Tim Manajemen
Dewan Komisaris  
Komisaris Utama : Ashar Junianto
Komisaris Independen : Lukman
Komisaris : La Ode Khairum Mastu
Komisaris : Sumanto
Dewan Direksi  
Direktur Utama : Muhammad Ilham
Direktur Operasional : Sudarno
  1. Keuangan  
Jumlah modal yang digunakan : Rp. 500.000.000
Jumlah biaya  yang dikeluarkan : Rp. 450.000.000
Total penerimanan setiap bulan: Rp. 100.000.000
Total bersih pendapatan yang masuk ke perusahaan : Rp. 24.400.000

DESKRIPSI PERUSAHAAN
a.         Strategi perusahaan tentang ramalan masa depan
Ø  Berusaha dengan kerja keras dalam menciptakan kreasi makanan kemasan sehingga tetap diminati oleh konsumen
Ø  Memberikan apresiasi kepada salah satu konsumen yang setia menggunakan produk kami dengan melakukan kegiatan undian berhadiah
Ø  Karyawan diharuskan kerja dengan terampil dan ulet sehingga misi perusahaan diterapkan dapat berjalan dengan lancar.
b.        Analisis Persaingan
No.
Uraian
Perusahaan
Perusahaan pesaing
PT. Bombastis
PT. Bumi Sejahtera
PT. Marina Food
1
Mutu produk
Berkualitas
Kurang Berkualitas
Berkualitas
Berkualitas
2
Kemasan
Baik
Baik
Baik
Baik
3
Promosi
Kurang Memuaskan
Memuaskan
Memuaskan
Kurang Memuaskan
4
Merk
Menarik
Menarik
Menarik
Kurang Menarik
5
Potongan Penjualan
15%
10%
25%
20%
6
Bentuk Pembayaran
Cek
Tunai
ATM
Cek
7
Pelayanan
Memuaskan
Kurang Memuaskan
Kurang Memuaskan
Memuaskan
8
Peduli Sosial
Melakukan
Belum Melakukan
Melakukan
Pernah Melakukan
9
Hasil Pendapatan
Memuaskan
Memuaskan
Memuaskan
Memuaskan
 c.         Segmentasi Pasar
·         mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif .
·         dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah sehingga mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
·         Melakukan  kampanye dan periklanan yang paling efektif serta dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
d.        Ruang Lingkup Bisnis
·         Memenuhi kebutuhan konsumen dengan melakukan desain produk yang lebih baik lagi serta mengidentifikasi keinginan konsumen.
·         Produk yang dihasilkan memmiliki keunikan tersendiri dibanding dengan produk lain.
·         Memperjakan karyawan yang terampil dan meningkatkan kemapuannya.
e.         Pengelola Tim Manajemen
·         Melakukan pembagian kerja sesuai dengan kemampuan masing-masing individu dan melakukan evaluasi kerja tim.
·         Melakukan pembuatan jurnal manajemen waktu dan agenda serta melakukan jalan alternative apabila anggota tim dalam kesulitan.
·         Mempersiapkan presentasi bagi seorang juru bicara bagi tim yang berisi tetang penyusunan aturan main serta klarifikasi peran
f.         Perlengkapan Kantor
Perlengkapan kantor yang digunakan meliputi barang-barang kecil yang digunakan sehari-hari seperti penjepit kertas, staples, pelubang kertas, bolpen dan kertas, tetapi juga mencakup perlengkapan mahal seperti komputer, printer, mesin faksimili, mesin foto kopi dan kas register, serta furnitur kantor seperti bilik, lemari arsip dan meja.
g.        Identitas Pengusaha
Nama : Muhammad Ilham
Tempat/ Tanggal Lahir : Enrekang, 14 Maret 1992
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat Rumah : Jl. Abadi No. 18 RT/RW 001/001 Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka
Telepon/ Hp : 0401-2297979/ 081255898273
Kode pos : 93511
Hobby : membaca dan memotivasi orang lain
Cita-cita : menjadikan perushaaan menjadi sukses
 PERENCANAAN ORGANISASI
  1. Bentuk Kepemilikan dan Stuktur Organisasi
  1. Latar Belakang Anggota Tim Manajemen
  2. Peranan dan Tanggung Jawab Personalia
  3. Infomasi Partner
 RENCANA PRODUKSI
  1. Rencana Desain Produk
  2. Proses Pabrikasi
  3. Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
  4. Keadaan Mesin dan Perlengkapan
  5. Sumber-sumber Bahan Baku
 RENCANA PEMASARAN
  1. Penetapan Harga
  2. Sasaran, Targer dan Ramalan Pasar
  3. Pelaksanaan Distribusi
  4. Promosi
  5. Pengembangan Produk
  6. Usaha Meningkatkan Penjualan
 ANALISIS RESIKO
  1. Evaluasi Kelemahan Bisnis
  2. Gambaran Teknologi
  3. Aspek Lingkungan
 ANALISIS PERSAINGAN
  1. Pesaing
  2. Posisi dalam Persaingan
  3. Distribusi Pangsa Pasar
  4. Kelebihan dibanding Pesaing
 RENCANA PERMODALAN
  1. Proyeksi Permodalan
  2. Sumber-sumber Permodalan dan Penggunaan
  3. Pendapatan
  4. Proyeksi Aliran Kas
  5. Neraca
  6. Analisis Titik Impas
  7. Analisis Break-Even
  8. Payback
  9. Period
  10. IRR
  11. NPV

                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar